Apr 16, 2011

Pengunjung Sudah Mencapai 4 Angka(1000 pageviews)



  Hari ini traffic Simple Symbian Blog's sudah mencapai 1000 lebih sedikit pengunjung. Itu berdasarkan statistik counter blogspot. Padahal sehari sebelumnya baru mencapa 900 sekian. Apalagi awal bulan Maret 2011 lalu, hanya sekitar 250 pengunjung. Bisa dibilang sejak kemunculannya November 2010 lalu, simplephonez.blogspot.com tidak ada pengunjungnya. Namun sejak Maret hingga pertengahan April 2011 statistik pengunjung meningkat drastis. Dan puncaknya adalah angka 1000 pada Pageviews all time history blogspot. Kira-kira apa penyebabnya ya?

  Dapat mencapai traffic pengunjung hingga seribu kali pageviews merupakan prestasi tersendiri bagi saya dan blog simplenya. Seribu pageviews pada usia 6 bulan. Mungkin bagi blogger lain pertumbuhan Simple Symbian Blog's akan dibilang lambat. Tetapi bagi blogger amatir ini sudah cukup membanggakan. Apalagi pada sebulan terakhir terjadi peningkatan yang cukup signifikan. Pencapaian ini tidak semata-mata kebetulan atau terjadi dengan sendirinya. Melainkan karena ada beberapa hal yang saya lakukan. Sebenarnya bukan hal istimewa atau khusus. Hanya hal-hal biasa yang dilakukan blogger lain pada umumnya. Seperti memasang template SEO Friendly, blogwalking dan tentunya posting konten menarik.
  Template memang cukup mempengaruhi berdatangannya pengunjung ke sebuah blog. Antara template yang biasa-biasa saja dengan template SEO Friendly akan memberikan perbedaan terhadap incoming pengunjung. Terutama pengunjung yang datang lantaran googling dengan keyword tertentu. Kalau memakai template yang mengandung script ramah search engine, maka Si Om tak akan ragu menempatkan blog kita di halaman awal. Alhasil, blog kita akan dipilih. Saya merasakannya sendiri. Sebelum memasang template yang sekarang, saya pernah coba googling untuk blog ini dengan sebuah keyword. Hasilnya, jangankan di halaman awal, sampai halaman ke-10, 11, 12, dst., tak juga muncul simplephonez.blogspot.com. Namun setelah mengganti template dan googling dengan keyword yang sama, hasilnya sangat memuaskan. Sepertinya saya harus berterima kasih pada desainer template ini.
Tak mengerti apa arti sebenarnya istilah Blogwalking itu. Setahu saya blog itu blog atau weblog dan walking adalah jalan-jalan. Apapun pengertiannya, pokoknya artinya saling berkunjung atau silaturrahim. Layaknya di dunia nyata, silaturrahim mampu mempererat persaudaraan dan pertemanan. Di dunia perbloggingan juga begitu manfaatnya silaturrahim atau blogwalking. Blogger berkunjung ke blog orang, maka Tuan blog orang balik berkunjung. Yang saya lakukan mungkin bukan blogwalking. Atau lebih tepat belajar sambil blogwalking. Ya, saya berkunjung ke blog teman kebanyakan karena mencari tutorial seputar optimalisasi blogspot. Setelah menemukan tutorial yang dicari, kemudian tinggalkan jejak. Memberi komentar tentunya. Semacam ucapan terima kasih, bertanya, keluhan, dsb. Timbal baliknya tidak sedikit dari Tuan blog yang saya kunjungi akhirnya berkunjung balik. Begitu pula sebaliknya. Bila ada yang bertamu di Simple Symbian Blog's, maka saya gantian bertamu. Adil, bukan?
Penunjang berdatangannya pengunjung sudah pasti konten menarik atau dicari. Artikel, posting atau tulisan menarik dan banyak dicari menentukan apakah blog akan ditemukan oleh pencari hal-hal populer. Namanya juga menarik, sudah pasti akan menarik, menyedot pengunjung. Lalu apakah blog ini berisi konten bagus? Sepertinya tidak juga. Tapi, melirik widget Entri Populer yang saya pasang, ada tulisan tips & trik yang cukup banyak dicari. Yaitu, Cara Download Video Youtube dari Browser Handphone (OperaMini). Ternyata banyak juga yang mencari tutorial ini. Kalau satu tulisan menarik bisa menggaet 200 pengunjung. Apalagi kalau punya konten menarik sebanyak 20 tulisan.
  Tulisan diatas saya rasa kurang tepat disebut sebagai tips blogging atau tutorial meningkatkan traffic. Lebih tepat disebut curhat blogger amatir yang kegirangan karena blog sederhananya dikunjungi banyak orang. Banyak itu relatif, tergantung siapa yang mengatakan. Semoga setelah moment ini, semakin semangat blogging. Kalau master-master blogger punya tips blogging yang super. Mungkin bisa share atau memberikan saran. Silakan.

1 comment:

  1. wah.............selamat ya sob !!!!
    blo aku belum nyampe segitu :(
    http://wafariq.blogspot.com

    ReplyDelete

Pembaca yang bijak selalu meninggalkan jejak.
Silakan berikan komentar berupa tanggapan, sanggahan, kritik, saran maupun pertanyaan dengan baik dan sopan

Yang follow MiniPici WeBlog konfirmasi ya! Nanti saya follow balik