Feb 8, 2013

7 Ponsel Symbian Nokia yang Paling Berkesan

    Pasca pernyataan CEO Nokia, Stephen Elop yang memastikan bahwa Nokia tidak akan memproduksi ponsel berbasis Symbian lagi, sebagian penggemar smartphone merasa kehilangan. Duka untuk para penggemar Symbian. Ponsel Symbian yang pernah berjaya kini tak berketurunan lagi. Nokia 808 PureView menjadi generasi terakhir Symbian Nokia. Masih teringat jelas bagaimana Nokia menjadi produsen smartphone terbesar di dunia. Dan smartphone Symbian lah yang membawa Nokia ke tangga teratas prosuden smartphone terlaris. Bahkan beberapa diantaranya menjadi smartphone Symbian yang paling legendaris. Sekilas mengenang Symbian. Berikut ini beberapa ponsel Symbian yang paling berkesan versi ingatan saya.
    Tak banyak ponsel Symbian yang pernah saya jumpai. Umumnya adalah Symbian dari Nokia kelas mid end dan entry level. Untuk yang high end di masanya memang kawan-kawan dan sobat saya jarang yang memiliki. Apalagi saya. Meski demikian ada juga yang tergolong ponsel Symbian yang legendaris. Itu menurut detikInet di sebuah artikel yang berjudul 10 Ponsel Symbian yang Legendaris. Silakan baca artikelnya disini.
Biar serasa flash back saya urutkan berdasarkan waktu perjumpaan saja. Nostalgia masa sekolah dulu, karena kebanyakan ponsel berikut saya jumpai saat duduk di bangku SMK
  1. Nokia 6600
       Ini merupakan ponsel Symbian yang pertama saya jumpai. Tahun 2006 menjadi awal perjumpaan itu. Tahun yang merupakan era gelap teknologi informasi bagi saya. Bagaimana tidak, saat semua orang sudah mengenal teknologi saya masih belum punya yang namanya ponsel. Apalagi bisa mengoperasikannya. Kalau sekarang ya, meskipun masih remang-remang setidaknya sudah tidak gelap teknologi lagi. Kembali lagi ke Nokia 6600. Melihat seorang teman membawa ponsel tersebut saya hanya bisa berdecak kagum. Wow, ponsel bagus(maklum belum pernah lihat barang bagus). Saat itu pun saya tidak tahu sama sekali kalau itu ponsel pintar dengan OS Symbian. Belakangan saya ketahui kalau itu smartphone keluarga Symbian s60 v2. Dengan bodynya yang gembul membuatnya tampak lucu. Untuk navigasi Nokia 6600 menggunakan joystick 4 arah.

  2. Nokia N-Gage QD
       Khasnya seorang remaja yang suka bermain game. Kala itu kami(saya dan kawan-kawan) biasa meminjam N-Gage QD milik seorang teman yang lain untuk bermain game Worms World Party. Inilah momen perkenalan saya dengan Nokia N-Gage QD. Ponsel Nokia yang satu ini memang didesain secara khusus agar nyaman untuk bermain game. Hingga menghasilkan bentuk smartphone yang unik sedemikian rupa. Diperkenalkan ke publik pada April 2004, ponsel ini menjadi favorit gamer kala itu. Kalau disebutkan nama Nokia N-Gage kebanyakan orang dengan cepat mengingatnya. Ya karena bentuk dan fungsionalnya yang unik itu. Untuk OS nya, smartphone yang satu ini masih menggunakan Symbian s60 v1. Generasi awal Symbian series 60.

  3. Nokia 3650
       Satu lagi smartphone Symbian jadul Nokia yang memiliki bentuk unik, Nokia 3650. Nokia memang sering melakukan inovasi bentuk terhadap produknya saat itu. Maka tidak aneh kalau dulu banyak ponsel Nokia yang berbentuk aneh. Salah satu yang pernah saya jumpai adalah Nokia 3650, saudara dari Nokia 3660. Ketika itu seorang teman sedang kesulitan keuangan. Ia meninjam uang kepada saya. Tak banyak jumlah uang yang saya pinjamkan. Namun teman saya itu tetap meninggalkan jaminan berupa ponsel. Sehingga Nokia 3650 miliknya untuk sementara menjadi milik saya. Tak mau melewatkan kesempatan saya tak lantas mendiamkan begitu saja ponsel tersebut. Atas seizin pemilik aslinya, saya bisa boleh menggunakannya sesuka hati kecuali menjualnya. Hehehe. Waktu itu sedang ngetren chatting via Migg33. Mumpung punya(orang) ponsel yang mumpuni, saya gunakan saja untuk chatting. Ponsel yang mulai dikenalkan kuartal pertama 2003 ini mengadopsi sistem operasi Symbian s60 v1.

  4. Nokia 6670
       Berikutnya ada Nokia 6670. Yang ini ponsel orang juga, ponsel teman dekat saya. Suatu waktu teman saya ini menunjukkan kebolehan smartphonenya. Ia memamerkan bagaimana sebuah ponsel bisa melakukan copy-paste teks lalu multitasking aplikasi. Kebolehan menjalankan berbagai aplikasi penting seperti UCweb dan beberapa aplikasi lainnya. Terkagum-kagum dengan segala kelebihannya. Bagaimana bisa sebuah ponsel melakukan semua fungsi itu. Dan sejak saat itu juga pandangan saya terhadap ponsel yang secara fungsional adalah alat komunikasi saja(telpon dan SMS) berubah. Saya yang awalnya berpikiran untuk apa beli ponsel bagus kalau fungsinya sama(telpon dan SMS) menjadi berubah. Smartphone Symbian bisa melakukan lebih dari sekadar telpon dan SMS. Ingin rasanya punya ponsel seperti itu. Tapi apalah daya, saat itu tak punya banyak duit buat beli.

  5. Nokia N73
       Produk Nokia dengan seri N sangat tenar di masanya. Selain N-Gage yang sudah saya sebutkan diatas ada Nokia N73 yang juga tak kalah tenar. Diperkenalkan pada pertengahan 2006, smartphone Symbian yang satu ini hadir dengan teknologi yang lebih canggih dari yang sudah saya kenalkan sebelumnya. Kamera 3.15 MP dengan Carl Zeiss optics serta dilengkapi autofocus dan LED flash mampu menghasilkan gambar foto yang bagus. Teknologi kamera ponsel yang terbilang canggih pada masanya. Ini juga smartphone dengan sistem operasi Symbian s60 3rd edition yang pertamakali saya jumpai. Sekali lagi saya berkenalan dengan ponsel ini lantaran teman. Dia memang pencinta gadget sejati. Jadi tak pernah ketinggalan kalau ada yang baru.

  6. Nokia 5800 XpressMusic
       Ini dia salah satu jagoan Nokia di golongan ponsel touchscreen, Nokia 5800 XpressMusic. Menaggapi kedatangan iPhone yang hadir dengan layar sentuh, Nokia langsung tancap gas membuat kembali ponsel dengan teknologi layar sentuh. Dan jadilah Nokia 5800 XpressMusic dengan sistem operasi Symbian s60 v5. Nokia 5800 XpressMusic menggunakan layar TFT resistive touchscreen. Untuk berinteraksi dengan layar sentuhnya kita bisa menggunakan media stylus Plectrum yang berbentuk mirip pick gitar dan stylus pen untuk melakukan input handwriting. Dengan speaker stereo bercorong ganda di sisi kiri dan kanan mampu menghasilkan suara yang lantang namun juga tidak cempreng. Khas seri Xpress Music banget.

  7. Nokia 6120 classic
       Dan yang terakhir tentu saja ponsel kesayangan saya, Nokia 6120c. Meski dianggap sebagai produk gagal namun ia tetaplah ponsel Symbian yang mempunyai fitur lebih. Ponsel mulai diproduksi sejak pertengahan 2007. Tetapi saya baru menjadikannya ponsel pribadi pada awal 2010(finansial udeh baikan, jadi bisa beli hh). Sebenarnya tak ada yang spesial dari ponsel ini. Pertimbangan awal membeli ponsel ini hanya karena harganya yang bersahabat untuk ukuran ponsel Nokia dengan OS Symbian s60 3rd edition saat itu. Tapi begitu lebih dalam menggunakan si candybar ini. Dia pula yang menjadi pemicu lahirnya blog ini. Juga segala aktifitas net surfing saya lakukan memakai ponsel yang saya juluki Si bizoc(6120c) ini. Meski sekarang peranannya sudah tergantikan sejak kehadiran saudara mudanya tetapi rasanya masih sayang untuk berpaling darinya. Begitu banyak kenagan dengannya(lebay).
    Era itu memang telah berlalu seiring datangnya sistem operasi mobile yang baru. Kini Android dan iOS menjadi yang terpopuler. Symbian yang sudah tua renta harus menerima takdir. Tak memiliki generasi penerus dan bersiap menghadapi kepunahan. Hal mengerikan yang lambat laun akan terjadi juga. Dan yang tersisa hanya cerita dan kenangan dari ponsel Symbian yang paling legendaris. Atau cerita tentang nama-nama ponsel symbian paling laris dan populer di masanya.
    Deretan ponsel yang saya sajikan diatas mungkin bukan ponsel symbian legendaris atau paling laris. Tapi bagi saya itu merupakan ponsel yang berkesan yang pernah mampir di kehidupan saya. Sekian cerita tak jelas dan tentu arah yang malah jadi curhatan saya yang mulai lebay bermain kata-kata ini. Maaf apabila ada informasi yang keliru, istilah kerennya CMIIW, hehehe. Dan bila sobat sekalian juga punya pengalaman berkesan dengan ponsel symbian silakan bisa ceritakan juga disini melalui form komentar. “Wah nanti komentarnya jadi luas donk! Panjang kali lebar.” Nggak apa-apa, yang penting masih masuk kategori sopan. Oke, terima kasih sudah menyimak.[farr]

gambar oleh gsmarena.com


8 comments:

  1. .. hape lama aq masuk, n73. itu adalah salah satu hape fav aq tuch. he..86x ..

    ReplyDelete
  2. Iya ya,pernah denger juga kalau symbian udah gak produksi lagi.. Dulu emang HP2 nokia benar2 merajai Indonesia..

    Aku dulu juga punya HP Nokia monokrom yg tebelnya minta ampun, masih ada antenanya, dilempar pasti pingsan.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibilang hp nokia paling gampang soal pengoperasian makanya saat itu laris manis
      tp orang - orang sekarang udah pintar semua, ribet dikit asal fitur wah gak masalah

      Delete
    2. iya-ya, skarang orang-orang gak peduli gampang/gak, yg penting murah kayak hp china tuh.. ^^

      Delete
  3. Saya waktu itu masih make 1600,tp ditahun 2007 saya akhirnya mempunyai e90...symbian yang oke..hingga sekarang 2013 masih saya pake

    ReplyDelete
  4. Ayo kumpulin nokia jadulnya..suatu saat jadi harta karun kaya seri2 ericsson..di buru kolektor..

    ReplyDelete
  5. Yang paling ter kenang sampai sekarang adalah nokia 3200 plyponik....2003 silam satu rt yang punya hp polyponi,+kamera cuma saya doank.......terkenang kenang sampai sa at ini....tanks nokia se you

    ReplyDelete

Pembaca yang bijak selalu meninggalkan jejak.
Silakan berikan komentar berupa tanggapan, sanggahan, kritik, saran maupun pertanyaan dengan baik dan sopan

Yang follow MiniPici WeBlog konfirmasi ya! Nanti saya follow balik